Home Top Ad

Responsive Ads Here

Mengapa Langit Berwarna Biru? Ini Penjelasan William Rayleigh

Share:

Mengapa Langit Berwarna Biru? Ini Penjelasan William Rayleigh

Banyak orang senang memandang langit. Biasanya mereka memadang langit saat sauasana hati mereka sedang senang, ada juga orang yang memandang langit sedang merenungkan sesuatu. Lalu apakah kamu tipe orang yang suka memandang langit juga?  Jika iya, pernahkah sesekali terlintas dibenakmu, mengapa langit berwarna biru? Penasaran dengan misteri langit berwarna biru, mari kita simak penjelasan beikut ini.

Kenapa Langit Berwana Biru?

Tahukah kamu, sebenarnya langit tidaklah berwarna biru, melainkan terdiri dari warna yang berbeda-beda. Terkadang abu-abu atau hitam (contoh langit malam), terkadang merah atau emas (langit senja dan saat sunrise tentunya), tidak jarang pula berwarna putih atau biru mengkilat. Langit berwarna hitam tentunya karena tidak ada matahari yang bersinar di malam hari. Sementara langit yang berwarna abu-abu menunjukkan terdapat banyak partikel debu sebagai akibat dari gas-gas kotor di udara. Contohnya, di kota-kota besar dan daerah pabrik.

Jika dilihat lagi, ternyata warna-warna langit sangat erat kaitannya dengan kedudukan bumi terhadap matahari serta tingkat kebersihan dan polusi udara di suatu tempat. Selain kedua faktor tersebut, ada satu faktor utama lagi yang menyebabkan warna-warni matahari, yaitu sifat cahaya tersebut terurai menjadi 7 warna: mejikubibiniu. Ini salah satu percobaanyang bisa dilakukan untuk mengamati tampak. Sama halnya dengan percobaan prima ini, cahaya putih yang dipancarkan oleh matahari juga terdiri dari panjang gelombang terpendek hingga cahaya merah dengan panjang gelombang terpanjang. 

Baca Juga : Mengapa Warna Awan di Siang Hari Berbeda dengan di Sore Hari

Dalam fisika energi E didefinisikan sebagai konstanta, Planck h dikalikan dengan frekuensi. Panjang gelombang lamda berbanding  terbalik dengan frekuensi v, maka energi akan besar jika panjang gelombangnya mengecil. Berarti cahaya ungu atau biru memiliki energi yang lebih besar dibanding cahaya merah. Itulah sebabnya kita menganal Si Api Biru. Api berwarna biru jauh lebih “tajam” daripada api berwarna merah.

Kembali lagi ke permasalahan matahari. Untuk sampai ke bumi, cahaya putih matahari haruslah melewati atmosfer atau lapisan udara di sekeliling bumi. Atmosfer merupakan sederetan gas (seperti Oksigen, Nitrogen, dan Karbondioksida yang dibutuhkan terutama dalam proses pernapasan makhluk hidup), partikel air, serta debu. Cahaya putih matahari melewati campuran ini (seperti percobaan senter yang dipancarkan ke sebuah gelas yang berisi air keruh) dengan listasan yang berbeda-beda. Akibat tumbukan antara partikel cahaya (foton) dan partikel penyusun campuran udara di atmosfer inilah kita melihat langit dalam aneka warna. Cahaya yang terurai mengalami pengurangan energi akibat proses tumbukan dengan partikel dan mempengaruhi kekuatan pancaran sampai ke bumi.

Langit Biru Menurut Penjelasan Willian Rayleigh

Menurut Lord John William Rayleigh, langit biru disebabkan karena cahaya biru dan hijaulah yang paling kuat dipancarkan oleh matahari. Warna biru ini kemudian dipancarkan oleh mata kita, sehingga kita mengatakan langit tersebut biru. Begitu pula halnya dengan senja hari. Langit cenderung berwarna merah karena cahaya merah dengan panjang gelombang terpanjanglah yang mampu menempuh perjalanan matahari-bumi.

Bagaimana cara mengukur panjang gelombang ini? Sederhana saja. Panjang gelombang bisa diukur dengan mengalikan jarak tempuh dengan 2. Berarti panjang gelombang ini, jarak bolak-balik sebuah gelombang menempuh jarak tertentu.

Itu tadi sedikit artikel tentang rahasia dibalik langit berwarna biru dan dijelasakn dengan jawaban yang jelas dan sempurna oleh William Rayleigh. Semoga jawaban yang diberikan oleh Rayleigh dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi teman-teman sekitar fisika. Sekian dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Terimakasih atas kunjuangannya dan jangan lupa untuk dishare.


Sumber: R. Aden. 2010. Fakta-fakta Unik. Yogyakarta: Penerbit Siklus.

No comments

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan