Home Top Ad

Responsive Ads Here

Mengapa Warna Awan di Siang Hari Beda dengan Awan di Sore Hari ?

Share:

Mengapa Warna Awan di Siang Hari Beda dengan Awan di Sore Hari ?

Waktu kecil kita sering bermain di siang bolong dan melihat ke arah langit awan berwarna biru. Dan waktu sore hari kita melihat awan berganti berwarna kemerah-merahan. Pernahkah kalian berpikir bisa terjadi begitu. Nah, begini alasannya Mengapa Warna Awan di Siang Hari Beda dengan Awan di Sore Hari ?

Ternyata, perbedaan warna itu karena adanya pengaruh sinar matahari dan warna langit di sekitarnya. Sinar matahari yang masuk ke awan, akan membuat air di dalam awan bisa memantulkan sinar matahari atau menyerapnya. Efeknya akan menipiskan atau mencairkan kekuatan cahaya matahari yang menembus awan. Jika panjang gelombang sinar tampak dari matahari, di dalam spektrum sinar merah hingga lembayung, sinar tersebut tidak akan ditahan tapi terpancar secara merata. Hasilnya adalah sinar putih.

Jadi, jika matahari bersinar dan awan tidak menutupi matahari, pada umumnya awan akan berwarna putih. Selanjutnya mengapa ada awan yang berwarna biru? Itu karena ada partikel-partikel di dalam atmosfer dan sudut lintasan yang dilalui sinar matahari bisa menghasilkan penyebaran gelombang. Sehingga partikel-partikel warna tertentu, misalnya biru, menonjol di dalam awan.

Dengan alasan yang sama, warna langit didominasi warna biru, karena panjang warna biru paling banyak dihamburkan. Jadi, sekarang kita sudah tahu mengapa awan bisa berwarna biru? Hal yang sama juga terjadi jika kita melihat warna awan di sore hari. Karena di sore gari langit berwarna kemerah-merahan, sebagian sinar yang masuk akan dipantulan ke awan sehingga warna awan kemerah-merahan.

Selain keistimewaan warna tadi, awan juga punya keistimewaan lain. Jika dilihat-lihat awan itu kelihatan ringan dan halus. Jadi, sepertinya tidak mungkin, awan bisa menimpan air sebanyak air yang turun saat hujan lebat. Jadi, berapa besar awan yang bisa menyimpan air? Ternyata, unruk menyimpan cukup air hingga berkondensasi menjadi satu galon, dibutuhkan awan sebesar sekitar 60 kaki dikali 60 kali.

Hasil kalkulasi tadi mengasumsikan bahwa kandungan air berupa larutan secara kasar antara sepertiga dan satu gram per meter kubik uang air. Tetapi jumlah kandungan air tersebut berbeda-beda. Tergantung dengan tekanan dan suhu. Semakin tinggi suhu, semakin tinggi juga tekanan uap air dan semakin banyak air yang dikandung awan. Anehnya, pada ketinggian yang lebih tinggi, tekanan akan lebih rendah dan volume awan akan mengandung lebih sedikit air.

Itu tadi sedikit penjelasan tentang “Mengapa Warna Awan di Siang Hari Beda dengan Awan di Sore Hari ?” Semoga dapat bermanfaat. Sekian dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Terimakasih.



Sumber: R. Aden. 2010. Fakta-fakta Unik. Yogyakarta: Penerbit Siklus.

No comments

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan