Home Top Ad

Responsive Ads Here

Latihan Soal dan Penyelesaian Pengukuran Besaran SMP/MTS

Share:
Latihan Soal dan Penyelesaian Pengukuran Besaran SMP/MTS

Latihan Soal dan Penyelesaian Pengukuran Besaran SMP/MTS – Selamat pagi kawan fisika, kembali lagi bersama mimin, pada kesempatan kali ini mimin akan update artikel mengenai Soal, Penyelesaian serta Kunci Jawaban mengenai bab Pengukuran Besaran dengan jumlah 30 soal dan tentu juga penyelesaiannya. Sebelum kita mulai latihan mengerjakan soal, perlu diketahu bahwa materi Pengukuran Besaran mencangkup  materi tentang Besaran dan Satuan, Pengukuran, Suhu dan Pengukuran.

Latihan Soal Pilihan Ganda dan Penyelesaian Fisika SMP/MTS Tentang Pengukuran Besaran


1. Di bawah ini yang merupakan besaran pokok adalah ...
 A. Luas
 B. Volume
 C. Gaya
 D. Massa

Penyelesaian :

Besaran pokok yang ditetapkan ada tujuh:
 - Panjang
 - Massa
 - Waktu
 - Suhu
 - Kuat arus listrik
 - Jumlah zat
 - Intensitas cahaya
Sehingga yang termasuk besaran pokok adalah massa.

Jawaban: D

2. Diketahui besaran sebagai berikut:

 1) Panjang
 2) Luas
 3) Volume
 4) Suhu
 5) Usaha
 6) Waktu

Besaran pokok ditunjukkan oleh nomor ...
 A. 1), 2), 3)
 B. 1), 3), 5)
 C. 1), 4), 6)
 D. 2), 3), 5)

Penyelesaian

Berdasarkan besaran pokok di atas, yang merupakan:
 - Besaran pokok: Panjang (1), Suhu (4), Waktu (6)
 - Besaran turunan: Luas (2), Volume (3), Usaha (5)

Jawaban: C

3. Di bawah ini yang bukan besaran pokok adalah ...
 A. Waktu
 B. Suhu
 C. Massa
 D. Volume

Penyelesaian:

Bukan besaran pokok berarti termasuk besaran turunan, yaitu volume.

Jawaban: D

4. Di bawah ini yang merupakan besaran adalah ...
 A. Lebar, tinggi, gram
 B. Gram, meter, sekon
 C. Berat, volume, meter
 D. Usaha, daya, suhu

Penyelesaian:

Gram, meter, dan sekon bukan merupakan besaran, melainkan satuan dari berat, panjang, dan waktu.

Jawaban: D

5. Berikut ini merupakan besaran pokok yang sesuai dengan satuangnya

No.
Besaran Pokok
Satuan
1.
Panjang
Meter
2.
Kuat arus
Kandela
3.
Waktu
Sekon
4.
Massa
Kilogram

A. 1 dan 2
B. 2 dan 4
C. 1, 2, dan 3
D. 1, 3, dan 4

Penyelesaian:

Kuat arus termasuk besaran pokok dengan satuan ampere.

Jawaban: D

6. Perhatikan tabel di bawah ini

No.
Besaran Pokok
Satuan
1.
Panjang
Kilometer
2.
Massa
Gram
3.
Waktu
Menit
4.
Suhu
Kelvin

Hubungan antara besaran pokok dan satuan dalam Sistem Internasional (SI) yang benar pada tabel diatas adalah ...
 A. 1
 B. 2
 C. 3
 D. 4

Penyelesaian:

Besaran pokok dalam satuan SI yang benar adalah:
  Panjang – meter
  Massa – kilogram
  Waktu – sekon
  Suhu – kelvin

Jawaban: D

7. Perhatiakan tabel dibawah ini


No.
Besaran Pokok
Satuan
1.
Panjang
Meter
2.
Massa
Gram
3.
Waktu
Jam
4.
Kuat arus
Volt

Besaran dan satuan dalam SI yang benar ditunjukkan pada nomor ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Penyelesaian:

Berikut ini besaran dan satuan SI yang benar:
Panjang – meter
Massa – kilogram
Waktu – sekon
Suhu – kelvin
Jumlah zat – mol
Kuat arus listrik – ampere
Intensitas cahaya – Kandela

Jawaban: A

8. Besaran pokok dan satuan yang sesuai menurut SI pada tabel berikut adalah:


No.
Besaran Pokok
Satuan
1.
Massa
Gram
2.
Suhu
Celcius
3.
Kuat arus listrik
Ampere
4.
Waktu
Jam

Penyelesaian:

Berikut ini besaran dan satuan SI yang benar:
Panjang – meter
Massa – kilogram
Waktu – sekon
Suhu – kelvin
Jumlah zat – mol
Kuat arus listrik – ampere
Intensitas cahaya – Kandela

Jawaban: C

9.Perhatikan tabel dibawah ini


o.
Besaran
Satuan
Alat Ukur
1.
Panjang
Cm
Mistar
2.
Massa
Kilogram
Neraca
3.
Waktu
Jam
Stopwatch
4.
Suhu
Kelvin
Termometer

Penyelesaian:

Besaran – satuan – alat ukur

Panjang – meter – mistar
Massa – kilogram – neraca
Waktu – sekon – stopwatch
Suhu – kelvin – termometer

Sehingga yang benar menurut SI adalah nomor 2 dan 4

Jawaban: C

10. Perhatikan tabel


No.
Besaran
Satuan
Alat Ukur
1.
Panjang
Gram
Neraca
2.
Kuat arus
Meter
Jangka sorong
3.
Waktu
Fahrenheit
Termometer
4.
Massa
Kelvin
Termometer

Besaran dan satuan dalam SI maupun alat alat ukur yang benar ditunjukkan pada nomor ...
A. 1, 2, 3, dan 4
B. 1, 2, dan 3
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4

Penyelesaian:

Besaran – satuan – alat ukur

Panjang – meter – mistar
Massa – kilogram – neraca
Waktu – sekon – stopwatch
Suhu – kelvin – termometer
Kuat arus – ampermeter - ampere

Sehingga yang benar menurut SI adalah nomor 2 dan 4

Jawaban: D

11. Perhatikan gambar berikut ini

Latihan Soal dan Penyelesaian Pengukuran Besaran SMP/MTS







Panjang kertas adalah ...
A. 8,1 cm
B. 8,2 cm
C. 8,4 cm
D. 8,5 cm

Penyelesaian:

Sudah jelas

Jawaban: D

12. Perhatikan gambar

Latihan Soal dan Penyelesaian Pengukuran Besaran SMP/MTS








Panjang buku tersebut adalah ...
A. 4 cm
B. 4,5 cm
C. 5 cm
D. 7,5 cm

Penyelesaan:

Pada penggaris tersebut, skala terendah 2,5 cm dan skala tertinggi 7,5 cm jadi panjang buku:
P=7,5 – 2,5 = 5 cm

Jawaban: C

13. Perhatikan gambar berikut

Latihan Soal dan Penyelesaian Pengukuran Besaran SMP/MTS








Hasil pengukuran panjang lidi tersebut adalah ...
A. 6
B. 6,5
C. 7
D. 7,5

Penyelesaian:


Pada penggaris tersebut ujung kiri lidi terletak pada 21,5 cm dan ujung kanan lidi terletak pada 28,5 cm. Jadi panjang lidi:
P=28,5 cm – 21,5 cm = 7 cm

Jawaban: C


14. Perhatikan gambar neraca berikut:

Latihan Soal dan Penyelesaian Pengukuran Besaran SMP/MTS

Dari hasi penimbangan tersebut massa benda adalah ...
A. 521 gram
B. 530 gram
C. 620 gram
D. 1.520 gram

Penyelesaian:


Ingat 1 kg=1000 gram
Jadi, massa benda = jumlah keseluruhan anak timbangan
M benda = 1000 g + 500 g + 20 g = 1.520 g

Jawaban: D


15. Perhatiakn hasil pengukuran massa yang dilakukan oleh siswa berikut

Latihan Soal dan Penyelesaian Pengukuran Besaran SMP/MTS
Besaran massa P adalah ..
A. 0,115 kg
B. 1,15 kg
C. 11,5 kg
D. 115,0 kg

Penyelesaian:


1 gram = 0,001 kg
Massa benda P = 1.000 g + 100 g + 50 g
Massa benda P = 1.150 g atau 1,15 kg

Jawaban: B

16. Perhatikan hasil pengukuran berikut
 

Latihan Soal dan Penyelesaian Pengukuran Besaran SMP/MTS
Massa benda M berdasarkan hasil pengukuran adalah ...
A. 1,202 kg
B. 1,220 kg
C. 1,400 kg
D. 12,00 kg

Penyelesaian:
1 kg = 1 kg
200 g = 0,2 kg
20 g = 0,02 kg
Jadi, 1 + 0,2 + 0,02 = 1,220 kg

Jawaban: B


17. Perhatikan gambar berikut

Latihan Soal dan Penyelesaian Pengukuran Besaran SMP/MTS
Jika skala Celsius diketahui seperti gambar maka skala Fahrenheit adalah ..
A. 86
B. 24
C. 303
D. 49

Penyelesaian:

Jawaban: A


18. Suhu suatu benda 122 0F, bila diukur dengan skala Celsius adalah ...
A. 323
B. 122
C. 5
D. 40

Penyelesaian:


 Membuat hubungan skala Fahrenheit dengan skala Celsius



Jawaban:  C


19. Perhatika tabel dibawah ini

No.xxx
Besaran
Satuan
Alat Ukur
1.
Panjang
Kilometer
Mistar
2.
Massa
Gram
Neraca
3.
Waktu
Jam
Stopwatch
4.
Suhu
Kelvin
Termometer

Dari tabel di atas pasangan yang benar antara besaran, satuan, dan alat ukurnya adalah nomor ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Penyelesaian:

No.
Besaran
Satuan
Alat Ukur
1.
Panjang
Meter
Mistar
2.
Massa
Kilogram
Neraca
3.
Waktu
Sekon
Stopwatch
4.
Suhu
Kelvin
Termometer
 

Jawaban: D

20. Sebuah satuan yag baik harus memenuhi persyaratan, yaitu ...
A. Tetap, mudah ditiru, dan dapat dipakai dimana-mana
B. Bersifat internasional. Tetap. Dan tidak mudah ditiru
C. Tidak tetap, tidak mudah ditiru, dan bersifat internasional
D. Tidak tetap, mudah ditiru, dan mudah berubah

Penyelesaian:


Syarat suatu satuan yaitu:
- Dapat digunakan dimana-mana
- Tetap, tidak mengalami perubahan
- Mudah ditiru

Jawaban: A


21. Volume air di dalam gelas ukur 500 cc. Jika dinyatakan dalam satuan SI, volume air air tersebut adalah ...
A. 0,00000050
B. 0,000050
C. 0,0000050
D. 0,00050

Penyelesaian:

Satuan volume dalam SI adalah m3
Dasar konversi satuan:
1 cc = 1 cm3
1 cm3 = 10 -6 m3
Volume air 500 cc



Jawaban: D

22. Berikut ini hasil pengukuran menggunakan jangka sorong dengan ketelitian 0,1 mm.

Hasil pengukuran yang dilaporkan adalah ...
A. 69 cm
B. 6,19 cm
C. 6,9 cm
D. 1,019 cm

Penyelesaian:

Skala utama =6,0 cm
Skala nonius = 0,9 cm
Pembacaan hasil =6,9 cm

Jawaban: C

23. Kelebihan alkohol sebagai pengisi termometer dibanding raksa adalah ...
A. Titik didihnya lebih tinggi
B. Titik didihnya lebih rendah
C. Titik bekunya lebih lebih tinggi
D. Titik bekunya lebih rendah

Penyelesaian:

Kelebihan alkohol pada termometer adalah memiliki titik didih yang rendah sehingga dapat digunakan untuk mengukur suhu yang sangat rendah.

Jawaban: B

24. Jika termometer Celcius menunjukkan skala 400C maka termometer Reamur menunjukkan skala
a. 32
b. 50
c. 64
d. 89

Penyelesaian:



Jawaban: A

25. Termometer Celcius menunjukkan 600C maka termometer Fahrenheit menunjukkan skala ..
A. 117
B. 129
C. 140
D. 149

Penyelesaian:



Jawaban: C

26. Satuan standar memiliki syarat-syarat tertentu. Berikut ini yang bukan merupakan syarat satuan standar adalah ...
A. Mudah ditiru
B. Bersifat universal
C. Tidak mudah dipalsukan
D. Bersifat tetap

Penyelesaian:

Yang bukan syarat standar satuan adalah tidak mudah dipalsukan.

Jawaban: C

27. Perhatikan gambar skala termometer berikut.

Perbandingan skala termometer I : II : III yang benar adalah ...
A. F : R : K = 212 : 80 : 273
B. F : R : K = 212 : 273 : 80
C. F : R : K = 5 : 9 : 5
D. F : R : K = 9 : 4 : 5

Penyelesaian:

F : R : K = 212 : 80 : 273

Jawaban: A

28. Perhatikan pernyataan berikut.

1) Tidak membasahi dinding
2) Murah harganya
3) Mudah dibaca
4) Dapat mengukur suhu yang sangat rendah

Pernyataan diatas yang merupakan kelebihan alkohol sebagai pengisi termometer adalah ...
A. 1, 2, dan 3
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 4 saja

Penyelesaian:

Kelebihan penggunaan alkohol pada termometer:
- Murah harganya
- Dapat mengukur suhu sangat rendah

Jawaban: C

29. Gambar berikut menunjukkan pengukuran dengan mistar.

Hasil pengukuran panjang benda adalah ...
A. 2,75 cm
B. 2,80 cm
C. 2,85 cm
D. 2,90 cm

Penyelesaian:

Skala utama = 2,00 cm
Skala nonius = 0,80 cm
Pembacaan hasil = 2,80 cm

Jawaban: B


30. Perhatikan alat ukur panjang berikut.
Latihan Soal dan Penyelesaian Pengukuran Besaran SMP/MTS

Alat yang tepat untuk digunakan mengukur diameter bagian dalam pipa adalah ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Penyelesaian:

Alat yang tepat untuk mengukur diameter pipa adalah jangka sorong.

Jawaban: C

Demikian artikel mengenai Latihan Soal dan Penyelesaian Pengukuran Besaran SMP/MTS. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel mimin. Jangan lupa sering membaca dan mengerjakan soal-soal fisika, agar kemampuan fisikanya semakin terasah. Jika kawan menemukan ada soal atau jawaban yang kurang jelas atau keliru , silahkan komen dibawah. Terimakasih.

1 comment:

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan