Home Top Ad

Responsive Ads Here

Materi Model Atom Bohr Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Share:

Mengenal Niels Bohr – Sebelum membahas mengenai model atom Bohr, mari terlebih dahulu mengenal siapa itu Niels Bohr. Niels Bohr merupakan ilmuwan Fisika asal Denmark. Ia dikenal sebagai penemu awal konsep mekanika kuantum untuk model atom. Bohr pernah mendapat hadiah Nobel Fisika pada tahun 1922.

Model Atom Bohr

Niels Bohr pada tahun 1913, memperbaiki model atom yang diusulkan Rutherford dengan memasukkan prinsip penyerapan dan pemancaran radiasi elektron yang dikemukakan Planck. Untuk memperbaiki model tersebut pendapat Bohr antara lain:

a.    Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat elektron.
b.    Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
c.    Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang peripindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
d.    Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap.

Model atom juga memuat tentang konsep bilangan kuantum dan tingkat energi yang terkuantisasi. Keduanya ini memainkan peranan penting dalam pengertian mengenai struktur atom selanjutnya bilangan kuantum n disebut bilangan kuantum utama, yang merupakan kulit elektron.

Model atom Bohr digambarkan bahwa atom sebagai sebuah inti kecil bermuatan positif yang dikelilingi oleh elektron yang bergerak dalam orbit sirkuler mengelilingi inti seperti halnya sistem tata surya, akan tetapi peran gravitasi diganti dengan gaya elektrostatik. Adapun model atom Bohr ditunjukkan pada gambar 1.

Gambar 1. Model Atom Bohr

Kelebihan dan Kekurangan Teori Atom Bohr

Teori Atom Bohr selain mempunyai kelebihan juga mempunyai kekurangan. Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan teori atom Bohr dijelaskan seperti berikut ini:

Kelebihan Teori Atom Bohr

Model atom Bohr berhasil menjelaskan spektrum yang termati hidrogen dan ion-ion serupa atom hiidrogen, seperti atom H+ dan L2+ .

Kekurangan Teori Atom Bohr

Model atom Bohr tidak dapat menjelaskan spektra atom yang memiliki lebih dari satu elektron. Selain itu model atom Bohr tidak dapat menjelaskan cara-cara atom berkaitan membentuk molekul stabil dengan kombinasi tertentu dari atom-atom penyusunnya. Demikian pula mengenai anggapan bahwa suatu elektron dalam atom terletak pada jarak tertentu dari inti dan bergerak mengitari inti pada lintasannya dengan suatu kecepatan tertentu. Hal ini kemudian ditunjukkan oleh Heinsenberg bahwa tidak mungkin untuk menentukan secara serentak posisi dan momentum suatu partikel sub-atomik dengan tepat.

Dengan kelemahan ini kemudian para peneliti melalui usaha yang terus-menerus dan tekun memperbaiki model struktum atom yang diberikan oleh Bohr dengan menggunakan konsep-konsep secara mekanika kuantum.
 

No comments

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan