Home Top Ad

Responsive Ads Here

Biografi James Pescott Joule (1818-1889) Penemu Hukum Kekekalan Energi

Share:


Tokoh Fisika James Pescott Joule (1818-1889) – James Pescott Joule merupakan tokoh fisika yang terkenal sebagai seorang penemu hukum kekekalan energi. Selain itu ia juga menemukan Efek Joule-Thompson bersama dengan Sir William Thomson. Berikut ini mimin sajikan Biodata, Profil serta Biografi James Pescott Joule.

Tokoh Fisika: James Pescott Joule (1818-1889) Penemu Hukum Kekekalan Energi


Biodata James Pescott Joule



Nama : James Pescott Joule
Lahir : 11 Oktober 1889 Salford, Lancashire, Inggris
Wafat : 11 Oktober 1889 (umur 70) Sale, Cheshire, Inggris
Orang Tua : Benjamin Joule (Ayah), Alice Prescott Joule (Ibu)
Pasangan : Ameria Grimes
Anak : Alice Amelia, Henry James, Benjamin Arthur
Dikenal atas : hukum kekekalan energi, efek Joule-Thompson
 
Biografi James Pescott Joule 

James Pescott Joule lahir pada tanggal 24 September 1818 di Salford, Lancashire, Inggris. Joule merupakan anak dari pengusaha bir yang kaya raya. Joule Berbeda dengan ilmuwan lain yang tidak pernah sekolah atau sekolah sejak kecil, Joule justru baru merasakan sekolah ketika berumur 17 tahun karena sering sakit-sakitan akibat luka di tulang belakangnya. Ilmu pengetahuan yang dimilikinya didapat dari guru privat dan belajar sendiri dirumah. Selain itu, ayahnya juga menyediakan sebuah labolatorium khusus untuk Joule.

Setelah Joule berusia 17 tahun, ia masuk ke Universitas Manchester dengan dibimbing oleh John Dalton, seorang ahli kimia Inggris yang terkenal. Joule termasuk orang yang rajin belajar, suka menulis buku dan mengadakan eksperimen. Pada tahun 1941 ia melakukan percobaan tentang banyaknya kalor yang dilepaskan dalam suatu kawat yang dilalui arus listrik. Menurutnya kalor merupakan salah suatu bentuk energi atau kerja. Oleh karena itulah Joule banyak melakukan penelitian yang bertujuan mencari tahu hubungan antara kalor dan kerja.

Salah satu percobaan yang ia lakukan adalah proses mengaduk air dengan memakai beban yang dujatuhkan. Berdasarkan hasil percobaan itulah akhirnya Joule menyimpulkan bahwa “perbandingan antara usaha atau kerja yang dilakukan dengan energi yang didapatkan merupakan suatu bilangan yang konstan (tetap), yaitu sebesar 4,186x103 “. Angka ini menyatakan bahwa satu kilo kalori sama nilainya (setara) dengan 4,186x103 Joule. Hal ini diebut dengan “Tara kalor mekanik.”

Hasil penelitian lain yang sampai sekarang masih berlaku dan sangat terkenal adalah tentang “Hukum Kekekalan Energi”. Penelitian ini ia lakukan bersama Herman Von Helmholtz dan Julius Von Mayer, ahli fisika lain yang bersal dari Jerman. Hukum kekekalan energi dinyatakan bahwa “energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan”.

Selain bekerja sama dengan Herman Von Helmholzt, Joule juga melakukan penelitian dengan ilmuwan lain yaitu Sir William Thomson dan menemukan “Efek Joule-Thompson”. Efek yang mereka temukan menyatakan bahawa “apabila gas dibiarkan berkembang tanpa melakukan kerja ke luar maka gas itu akan turun”. Sampai saat ini Efej Joule-Thompson dimanfaatkan secara luas dalam industri pembuatan lemari es.

Pada tahun 1840 Joule menerbitkan bukunya yang berjudul “Tentang Panas”. Sedangkan pada tahun 1843 buku tentang “Ekuivalen Mekanik Panas” juga diterbitkan. Dan yang terakhir tahun 1847 menerbitkan buku tentang “Hubungan dan Kekekalan Energi”.
Karena jasanya dalam melakukan banyak penelitian yang berhubungan dengan kalor (panas), nama Joule diabadikan dalam salah satu satuan Sistem Internasional yaitu satuan kalor atau energi.

Itu tadi sedikit artikel tentang Biografi James Pescott Joule (1818-1889) Penemu Hukum Kekekalan Energi. Semoga dapat bermanfaat. Sekian dan sampai jumpa pada artikel tentang biografi tokoh fisika selanjutnya. Terimakasih atas kunjungannya dan jangan lupa untuk dishare.


Sumber : Subini, Nini. 2013. Kisah Menarik Einstein dan Kawan-Kawan. Yogyakarta : Penerbit Javalitera.


No comments

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan