Home Top Ad

Responsive Ads Here

Pengertian serta Perbedaan Gaya Sentripetal dan Sentrifugal

Share:

Pengertian serta Perbedaan Gaya Sentripetal dan Sentrifugal

Pengertian serta Perbedaan Gaya Sentripetal dan Sentrifugal Dalam materi kali ini kita akan berbicara tentang gaya, gaya yang dimaksud disini bukanlah gaya pegas melainkan gaya sentripental dan gaya sentrifugal. Apa itu gaya sentripetal dan sentrifugal, mari kita bahas bersama.

Gaya Sentripetal
Gaya sentripetal adalah gaya yang membuat benda bergerak mengikuti lintasan berbentuk kurva atau gaya yang membuat benda untuk bergerak melingkar. Gaya ini bukan merupakan gaya fisis, atau gaya dalam arti sebernya, melainkan hanya suatu penamaan atau penggolongan jenis-jenis gaya yang berfungsi membuat benda bergerak melingkar. Bermacam-macam gaya fisis dapat digunakan sebagai gaya sentripetal, antara lain gaya gravitasi, elektrostatik, tegangan tali, gesekan, dan lainnya. Istilah sentripetal berasal dari kata bahasa Latin, yaitu centrum (“pusat”) dan petere (“menuju arah”), yang berarti menuju arah pusat lingkaran.

Gaya sentripetal selalu beraksi di sudut siku-siku pada gerak obyek, menuju ke suatu titik yang dikenal sebagai pusat kurva yang mendapat reaksi seketika. Gaya sentripetal selalu beraksi di sudut siku-siku pada gerak obyek, menuju ke suatu titik yang dikenal sebagai pusat kurva yang mendapat reaksi seketika. Gaya sentripetal mungkin disebabkan oleh gravitasi seperti dalam kasus orbit, atau oleh tegangan sepanjang tali atau tongkat, misalnya ketika sebuah obyek seperti bola diayunkan berputar mengelilingi kepala atlet lontar martil. Gaya-gaya yang terlibat bisa dihitung dari persamaan F = ma =  mv2/r, dimana m adalah massa obyek, a adalah gaya percepatan, v adalah gaya kecepatan sepanjang tangen dan r adalah radius kurva. Persamaan ini bisa juga ditulis F = mrw2 dimana w adalah kecepatan sudut obyek.

Gaya Sentrifugal
Gaya sentrifugal adalah gaya yang secara jelas mendorong atau menarik obyek dari pusat rotasi. Gaya ini mungkin adalah gaya riil yang dihasilkan sebagai reaksi terhadap gaya sentripetal atau gaya gesek yang dihasilkan dari perubahan bingkai referensi.
Jadi, gaya sentrifugal adalah lawan dari gaya sentripetal yang merupakan efek semu yang ditimbulkan ketika sebuah benda melakukan gerak melingkar, sentrifugal berarti menjauhi pusat putaran.

Ketika sebuah benda atau partikel melakukan gerak melingkar, pada benda atau partikel tersebut bekerja gaya sentripetal yang arahnya menuju pusat lingkaran. Banyak sekali orang yang tergoda untuk menambahkan sebuah gaya yang arahnya menjauhi pusat lingkaran, di mana peran gaya ini adalah mengimbangi gaya sentripetal.

Besar gaya sentrifugal sama dengan besar gaya sentripetal, sedangkan arah gaya sentrifugal berlawanan dengan gaya sentripetal. Hal ini dimaksudkan agar benda yang melakukan gerak melingkar verada dalam keadaan setimbang. Gaya yang arahnya menjauhi pusat tersebut dinamakan gaya sentrifugal.


Sumber : Ikatan Tutor Indonesia. 2015. A-Z Menguasai Fisika dalam 10 Menit. Yogyakarta : Penerbit Indoliterasi.

No comments

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan