Home Top Ad

Responsive Ads Here

Biografi Benjamin Franklin (1706-1790) sang Penemu Penangkal Petir

Share:


Tokoh Fisika Benjamin Franklin (1706-1790) – Benjamin Franklin merupakan tokoh fisika yang terkenal sebagai seorang penemu penangkal petir. Selain itu ia juga menemukan tungku franklin. Berikut ini mimin sajikan Biodata, Profil serta Biografi Benjamin Franklin.

Tokoh Fisika: Benjamin Franklin (1706-1790) sang Penemu Penangkal Petir

 Biodata Benjamin Franklin

Nama : Benjamin Franklin
Lahir : 17 Januari 1706 Baston, Amerika
Wafat : 17 April 1790 (umur 84) Pennsylvania, Amerika Serikat
Orang Tua : Josiah Franklin (Ayah), Albiah Folger (Ibu)
Pasangan : Deboarah Read
Anak : Sarah Franklin Bache, William Franklin, Francis Folger Franklin
Dikenal atas : Penagkal petir, tungku franklin

Biografi Benjamin Franklin

Franklin lahir di Amerika utara pada pada 17 januari 1706. Franklin termasuk anak kurang beruntung karena terpaksa putus sekolah saat berumur 10 tahun. Hal ini disebabkan karena orang tuanya tidak sanggup membiayai sekolah Franklin. Maklumlah Franklin anak ke 15 dari 17 bersaudara.
Namun demikian Franklin tidak kehabisan akal. Menurutnya pengetahuan banyak tersimpan dalam buku-buku, jadi meskipun tidak bersekolah ia akan mampu menambah pengetahuannya dengan banyak membaca buku.

Franklin menikah dan dikaruniai dua anak. Suatu saat tibalah pada musim dingin. Keluarga Franklin termasuk kedua anaknya merasa menggigil kedinginan. Mereka berkumpul di dekat cerobong asap. Berasal dari musim dingin itulah akhirnya terbesit dalam kepala Franklin untuk membuat alat pemanas ruangan. Alat yang diciptakan Franklin ini akhirnya diberi nama “Tungku Frenklin”.

Franklin menemukan penangkal petir

Suatu ketika Franklin menulis sebuah karangan dan mengirimkannya pada sahabat yang ada di London. Menurut Franklin “kilat dapat dibelokkan sehingga sambaran petir dapat dihindari”. Caranya adalah dengan memanaskan suatu logam dengan berupa tongkat diatas gedung atau atap rumahnya. Tongkat yang digunakan Franklin kira-kira dengan panjang 8 atau 10 kaki yang ujungnya dibuat runcing. Ia berpendapat bahwa logam berujung runcing tersebut akan menarik listrik dan dengan dihubungkan ke tanah akan mengosongkan listrik statis yang berasal dari awan

Untuk membuktikan karangannya tersebut, Franklin melakukan eksperimen saat hujan deras disertai guntur. Dengan memakai tabung gelas berisi air separuhnya, ia keluar rumah. Tabung gelas diletakkan di atas tanah. Dalam tabung gelas berisi air telah dicelupkan sepotong kawat yang salah satu ujungnya dibiarkan menjuntai ke luar permukaan.

Selain membawa gelas berisi air, Franklin juga menyiapkan layang-layang yang terbuat  dari kain sutra dan kerangkanya dari kawat. Kawat itulah yang nantinya akan dibawa naik tinggi ke awan oleh layang-layang untuk menarik listrik jika memang kilat adalah listrik. Tidak lupa pada ekor layang-layang telah diikatkan tali yang panjang dengan salah satu ujungnya diikatkan sebuah kabinet. Sedangkan kunci itu sendiri diikat dengan seutas benang sutra yang tidak dapat dialiri arus listrik. Jadi seandainya tali dipegang saat ada kilat atau guntur tidak akan berbahaya.

Franklin mulai menaikkan layang-layangnya ketika hujan akan turun dan ada angin berhembus. Suatu ketika tiba-tiba layang-layang Franklin seperti mendapat hentakan sehingga talinya menjadi tegang. Saat itu pula Franklin mencoba menyentuh kunci dengan jarinya. Tiba-tiba rasa perih menusuk jarinya dan menjalar ke seleruh tubuhnya. Meskipun Franklin merasa kesakitan akibat kena sengatan arus tetapi ia merasa puas karena penelitiannya tidak sia-sia dan dapat membuktikan bahwa kilat adalah listrik.

Setelah membuktikan eksperiemnnya, alat penangkal petir dari temuan Franklin terkenal dengan nama Franin rod kemudian banyak digunakan oleh rumah-rumah dan jenis bangunan lainnya. Rangkaian penangkal petir terbesar yang mengadopsi teori Franklin ini terlihat di kubah State House di Mayland. Penggunaanya didedikasikan untuk mengenang Benjamin Franklin sang penemu tersebut.



Itu tadi sedikit artikel tentang Biografi Benjamin Franklin (1706-1790) sang Penemu Penangkal Petir. Semoga dapat bermanfaat. Sekian dan sampai jumpa pada artikel tentang biografi tokoh fisika selanjutnya. Terimakasih atas kunjungannya dan jangan lupa untuk dishare.


Sumber : Subini, Nini. 2013. Kisah Menarik Einstein dan Kawan-Kawan. Yogyakarta : Penerbit Javalitera.

No comments

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan