Home Top Ad

Responsive Ads Here

Pengertian sensor LDR (Light Dependent Resistor), Fungsi dan Prinsip Kerja Sensor LDR

Share:


Selamat pagi kawan, pada kesempatan kali ini, mimin akan menjelaskan tentang pengertian sensor ldr, fungsi sensor ldr dan prinsip kerja sensor ldr. Tanpa perlu berlama-lama, mari kita lihat penjelasannya di bawah in. 

Pengertian Sensor LDR 

LDR atau kepanjangan dari Light Dependet Resistance merupakan resistor yang berubah-ubah nilai resistansinya jika permukaannya terkena cahaya. Kondisinya yaitu ketika LDR terkena cahaya maka nilai resitansinya kecil begitu sebaliknya jika LDR tidak terkena cahaya (kondisi gelap) maka nilai resistansinya besar. Bentuk fisik LDR ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Pengertian LDR dan Prinsip Kerja LDR
Gambar LDR

Dalam keadaan gelap resistansi LDR sekitar 10MΩ dan dalam keadaan terang sebesar 1KΩ atau bisa kurang. LDR terbuat dari bahan semikonduktor seperti kadmium sufida. Dengan bahan ini energi dari cahaya yang jatuh menyebabkan lebih banyak muatan yang dilepas atau arus listrik meningkat. Artinya bahwa dalam LDR nilai resistansi bahan telah mengalami penurunan. Dengan sifat LDR yang demikian maka LDR dapat digunakan sebagai sensor cahaya. 

Fungsi Sensor LDR

LDR berfungsi sebagai sebuah sensor cahaya dalam berbagai macam rangkaian elektronika seperti saklar otomatis berdasarkan cahaya ketika sensor cahaya terkena cahaya maka arus listrik akan mengalir (on) dan sebaliknya jika sensor dalam kondisi sedikit cahaya (gelap) maka aliran listrik akan terhambat (off). LDR biasa digunakan sebagai sensor lampu, penerang jalan otomatis, lampu ruangan dan kamar tidur, alarm dan masih banyak lagi.

Prinsip Kerja LDR

LDR terdiri atas sebuah cakram semikonduktor yang mempunyai dua buah elektroda pada permukaannya. Pada saat gelap atau cahaya redup, bahan dari cakram tersebut menghasilkan elektron bebas dengan jumlah yang relatif kecil. Sehingga hanya ada sedikit elektron untuk mengangkut muatan elektrik.

Dalam LDR saat cahaya redup artinya bahwa LDR menjadi konduktor yang buruk, atau bisa disebut juga LDR memiliki resistansi yang besar pada saat gelap atau cahaya redup.
Pada saat cahaya terang, ada lebih banyak elektron yang lepas dari atom bahan semikonduktor tersebut sehingga akan ada lebih banyak elektron untuk mengangkut muatan elektrik. Artinya bahwa pada saat cahaya terang LDR menjadi konduktor yang baik, atau bisa disebut juga LDR memiliki resistansi yang kecil pada saat cahaya terang.

Cara Mengukur LDR Menggunakan Multimeter

Sebelum LDR digunakan, sebaiknya kita ukur terlebih dahulu, apakah LDR masih baik atau sudah rusak. Cara mengukur LDR yaitu menggunkan multimeter.pengukuran LDR dapat dilakukan dengan dua cara yaitu pertama,  mengukur LDR pada keadaan gelap, sedangkan yang kedua, mengukur LDR pada keadaan terang.

1. Mengukur LDR pada Keadaan Gelap

Berikut ini adalah cara mengukur LDR menggunakan multimeter pada keadaan gelap.

a.    Atur sakelar putar pada skala tahanan listrik (ohm)
b.    Hubungkan kabel positif multimeter ke salah satu ujung LDR dan kabel negatif multimeter ke ujung yang lain. LDR tidak ada polarisasi sehingga bebas menghubungkan kabel pada kaki LDR.
c.    Permukaan LDR ditutup, jangan sampai terkena cahaya
d.    Amati hasilnya, biasanya pada keadaa gelap nilai resistansinya sekitar 10MΩ

Mengukur LDR pada Keadaan Gelap

Gambar Mengukur LDR pada Keadaan Gelap

2. Mengukur LDR pada Keadaan Terang

Berikut ini adalah cara mengukur LDR menggunakan multimeter pada keadaan terang.

a.    Atur sakelar putar pada skala tahanan listrik (ohm)
b.    Hubungkan kabel positif multimeter ke salah satu ujung LDR dan kabel negatif multimeter ke ujung yang lain. LDR tidak ada polarisasi sehingga bebas menghubungkan kabel pada kaki LDR.
c.    Permukaan LDR dikenai cahaya
d.    Amati hasilnya, biasanya pada keadaa terang nilai resistansinya sekitar 1KΩ

Mengukur LDR pada Keadaan Terang

Gambar Mengukur LDR pada Keadaan Terang

Bagaimana hasil perbandingan LDR pada kondisi gelap dan terang? Tentu saja, nilai resistansi pada kondisi gelap akan mempunyai nilai yang besar. Hasil pengukuran tiap LDR dipastikan berbeda, tergantung dengan intensitas cahaya yang diterima oleh LDR itu sendiri.

Itu tadi sedikit penjelasan tentang Pengertian LDR, Prinsip Kerja LDR serta Fungsi LDR. Semoga dapat bermanfaat. Sekian dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Terima kasih dan jangan lupa di share.


Sumber : Syahwil, Muhammad. 2013. Panduan Mudah Simulasi & Praktek Mikrokontroler Arduino. Yogyakarta : Penerbit Andi.

No comments

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan