Home Top Ad

Responsive Ads Here

9 Sifat Gaya Nuklir yang Harus Anak Fisika Ketahui

Share:
9 Sifat Gaya Nuklir yang Harus Anak Fisika Ketahui

9 Sifat Gaya Nuklir yang Harus Anak Fisika Ketahui - Dua permasalahan pokok dalam Fisika Inti adalah bagaimana memahami tentang sifat-sifat gaya yang bekerja diantara nukleon dan bagaimana menerangkan sifat-sifat inti kompleks (sistem banyak nukleon) dalam tema gaya inti. 
 
Berikut ini adalah sifat-sifat gaya nuklir.

1.    Gaya nuklir bekerja pada daerah jangkauan sangat pendek.
2.    Pada daerah jangkauan yang jauh lebih pendek dari jari-jari inti, adanya gaya inti menyebabkan bentuk nukleus seperti bola dan membentuk nukleon.
3.    Pada daerah jangkauan yang seorde dengan ukuran jari-jari inti, gaya nuklir menyebabkan distorsi nukleus.
4.    Gaya nuklir tak bergantung pada muatan. Hal ini berarti bahwa gaya nuklir bahwa gaya nuklir antara dua proton, dua neutron, dan antara proton dan neutron adalah sama.
5.    Gaya nuklir dipengaruhi oleh interaksi spin-spin nukleon.
6.    Gaya nukir dipengaruhi oleh spin-orbit.
7.    Gaya nuklir tidak seluruhnya bersifat sentral, akan tetapi bergantung pada arah orientasi spin terhadap garis hubung dua nukleon yang berinteraksi.
8.    Gaya nuklir memiliki teras repulsif (gaya tolak).
9.    Gaya nuklir mengalami satuarsi.

Gaya nuklir di antara dua nukleon dapat diperoleh dari sistem dua nukleon, deuteron dan sistem proton-proton, serta hamburan neutron-proton. Sebaliknya hamburan neutron-neutron tidak dapat diselidiki dengan flux neutron yang ada. Pada jangkauan sekitar 2 fermi memilikiinteraksi potensial sekitar 30 MeV.

Sifat ke-9, saturasi dapat dibuktikan dengan adanya hamburan nukleon-nukleon berenergi tinggi. Pada jangkauan sekitar ½ fermi, gaya-gaya antar nukleon menjadi sangat repulsif. Gaya nuklir pada jangkauan ini mampu mengubah sebuah proton menjadi neutron melalui proses tumbukan. Ini dikenal dengan pertukaran gaya nuklir (exchange force). Terdapat banyak orde besar gaya nuklir yang lebih kuat daripada interaksi peluruhan beta yang dapat mengubah neutron mrnjadi proton atau sebaliknya.


Sumber : Wiyatmo, Yusman. 2009. Fisika Nuklir. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar.
 

No comments

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan