Home Top Ad

Responsive Ads Here

Pengertian Metode Ilmiah, Langkah-langkah, dan Sikap Ilmiah

Share:

Pernahkah kamu melihat tumbuhan tumbuh ke arah cahaya matahari? Yang pasti pernah lah. Kenapa tumbuhan tumbuh ke arah cahaya matahari, kenapa tidak menghindari cahaya matahari saja. Nah, pertanyaan tersebut kita bisa menjawabnya dengan jawaban sains yaitu dengan metode ilmiah. Apa itu metode ilmiah? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Metode Ilmiah

Metode ilmiah merupakan metode yang tersusun dari langkah-langkah sistematis yang digunakan untuk memecahkan masalah. Kita dapat melakukan metode ilmiah untuk menyelesaikan masalah yang ditemui.

Langkah Metode Ilmiah

Langkah-langkah metode ilmiah yang umum dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Observasi dan merumuskan masalah

Rumusan masalah biasanya akan diperoleh setelah kita mengamatai (melakukan observasi) benda di alam atau fenomena yang terjadi. Misalnya kita melihat tanaman tumbuh melengkung ke arah datangnya cahaya matahari. Hal tersebut menarik perhatian kita sehingga kita ingin mengetahui mengapa hal tersebut terjadi. Dalam merumuskan masalah, kita perlu membuat daftar pertanyaan biasanya diawali dengan tanya apa, kapan, mengapa, siapa, bagaimana, dan di mana. Contoh: “Mengapa tanaman tumbuh ke arah datangnya cahaya Matahari?”

2. Mengumpulkan data

Mengamati dan mengumpulkan data yang berhubungan dengan masalah yang diselidiki. Contoh: tanaman dalam pot tumbuh ke arah jendela.

3. Membuat hipotesis

Membuat dugaan atau jawaban sementara terhadap masalah yang diselidiki. Contoh: pertumbuhan tanaman dipengaruhi cahaya.

4. Melakukan eksperimen (percobaan)

Percobaan dilakukan untuk menguji kebenaran hipotesis. Biasanya, percobaan dilakukan berulang kali sehingga dapat ditarik kesimpulan yang baik dan benar. Contoh: sepuluh tanaman diberi perlakuan penyinaran di salah satu sisi tanaman tersebut.

5. Menarik kesimpulan

Contoh: setelah dilakukan beberapa kali percobaan, dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan tanaman dipengaruhi oleh cahaya.

Sikap Ilmiah

Metode ilmiah akan berhasil dengan baik jika dilakukan dengan sikap ilmiah. Para ilmuwan memiliki sikap tersebut. Kita pun dapat mengasah kemampuan melakukan penelitian dengan memiliki sikap-sikap berikut.

1. Rasa ingin tahu

Selalu terdorong untuk lebih banyak tahu tentang berbagai gejala alam. Caranya dengan membaca buku, bertanya kepada orang yang lebih tahu, mengadakan pengamatan, dan melakukan percobaan sendiri.

2. Kejujuran

Mencatat sesuai dengan hasil pengamatan, meskipun tidak sesuai dengan yang diharapkan.

3. Ketekunan

Tidak mudah putus asa jika hasil percobaan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tidak segan-segan mengulangi percobaan.

4. Ketelitian

Tidak ceroboh, baik dalam merencanakan, menggunakan alat maupun bahan, mengukur, mencatat data, mengolah data, dan dalam menarik kesimpulan.

5. Objektivitas

Pendapat dan kesimpulan yang diambil harus berdasarkan fakta yang ada, bukan berdasarkan pendapat pribadi atau orang lain.

6. Keterbukaan

Mau bekerja sama dengan orang lain, mau menerima kritik atau saran dari orang lain yang bersifat membangun, dan mau memberikan pengalamannya kepada orang lain.

No comments

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan