Home Top Ad

Responsive Ads Here

Pengertian Sensor Mekanik dan Contoh Sensor Mekanik: Potensiometer dan Strain Gauge

Share:
Pengertian Sensor Mekanik – Sensor mekanik merupakan sensor yang digunakan untuk mengubah besaran mekanik menjadi besaran listrik. Pada sensor mekanik, keluaran sensor berubah sesuai perubahan gaya atau perubahan jarak (perpindahan), linier maupun rotasi. Fungsi sensor mekanik bermacam-macam, antara lain untuk mengukur panjang, luas, aliran masaa, gaya, torsi, tekanan, kecepatan, percepatan, dan panjang gelombang akustik. Contoh sensor mekanik adalah potensiometer dan strain gauge.

1. Potensiometer

Pengertian potensiometer merupakan salah satu jenis sensor mekanik yang digunakan untuk mengukur pergeseran. Potensiometer disusun menggunakan tiga buah channel. Jika ketiga channel digunakan, potensiometer berfungsi sebagai rangkaian divider (rangkaian pembagi tegangan). Namun jika hanya menggunakan dua buah channel, potensiometer berfungsi sebagai hambatan geser. Adapun bentuk potensiometer ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Pengertian Sensor Mekanik dan Contoh Sensor Mekanik: Potensiometer dan strain Gauge
Gambar Potensiometer

2. Strain Gauge

Pengertian strain gauge merupakan salav satu jenis sensor mekanik yang digunakan untuk mengukur tegangan (stress) atau tegangan (strain). Output strain gauge adalah perubahan hambatan yang kemudian dikondisikan menggunakan rangkaian divider atau rangkaian jembatan wheatstone. Strain gauge digunakan dengan cara menempelkan pada bagian benda yang akan diukur tegangan atau regangannya. Adapun bentuk Strain Gauge ditunjukkan pada gambardibawah ini.

Pengertian Sensor Mekanik dan Contoh Sensor Mekanik: Potensiometer dan strain Gauge
Gambar Strain Gauge


Itu tadi sedikit penjelasan tentang Pengertian Sensor Mekanik, Contoh Sensor Mekanik: Potensiometer dan Strain Gauge. Semoga dapat manfaat sekian dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Terimakasih.




Sumber : Chandra, Franky dan Arifianto, Deni. 2010. Jago Elektronika. Jakarta : Penerbit Kawan Pustaka.

No comments

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan