Home Top Ad

Responsive Ads Here

Biografi Wilhelm Conrad Rontgen (1845-1923) Penemu Sinar Rontgen

Share:

Foto rontgen merupakan pemeriksaan yang bisa mengetahui gambaran bagian tubuh yang ingin kita ketahui. Dengan foto rontgen kita bisa mengetahui keadaan tulang kita. Umumnya jika mengalami patah tulang kita bisa memeriksanya secara jelas menggunakan foto rontgen. Sungguh foto rontgen ini alat merupakan penemuaan alat yang sangat berguna sekali bagi dunia medis. Tapi, tahukah kamu siapa sebenarnya penemu rontgen itu? Nah, dialah ilmuwan jenius kita yang bernama Wilhelm Conrad Rontgen.

Siapakah Rontgen itu?

Wilhelm Conrad Rontgen merupakan tokoh fisika yang terkenal sebagai seorang penemu sinar rontgen, karena penemuannya itu ia mendapatkan Hadiah Nobel Fisika pada tahun 1901. Penemuannya itu juga membuat perkembangan ilmu fisika turut berkembang, khususnya yaitu fisika modern. Berikut ini mimin sajikan Infografis, Profil serta Biografi Wilhelm Conrad Rontgen

Biografi Wilhelm Conrad Rontgen (1845-1923) Penemu Sinar Rontgen

Biodata Wilhelm Conrad Rontgen

Nama : Wilhelm Conrad Rontgen
Lahir : 27 Maret 1845, Lennep, Remscheid, Jerman
Wafat : 10 Februari 1923 (umur 78 tahun), Muchen, Jerman
Istri : Anna Bertha Ludwig
Dikenal atas : Sinar Rontgen atau sinar x

Biografi Wilhelm Conrad Rontgen

Mendengar nama Rontgen yang terbayang dalam benak kebanyakan orang adalah sinar Rontgen. Memang sialah tokoh fisika yang menemukan sinar x atau yang akrab disebut Rontgen. Rontgen adalah fisikawan Jerman yang lahir di kota Lenep pada tanggal 27 Maret 1845.

Pada mulanya Rontgen melalukan penyelidikan tentang sifat sinar katoda. Namn hasil penelitiannya itu ia menemukan apa yang dinamakan sinar rontgen (sesuai dengan nama penemuannya). Rontgen adalah jumlah radiasi yang dibutuhkan untuk menghantarkan muatan positif dan negatif dari 1 satuan elektrostatik muatan listrik dalam 1 cm3 udara pada suhu dan tekanan standar. Ini setara dengan upaya untuk menghasilkan sekitar 2.08 x 109pasang ion.

Sinar Rontgen dapat dihasilkan dengan menembakkan elektron dalam tabung ruang hampa pada permukaan keping logam, karena panjang gelombangnya sangat pendek maka sinar x mempunyai daya tembus yang kuat. Frekuensi dari sinar x antara 1016 – 1020 Hertz. Sinar x banyak digunakan dalam bidang kedokteran dan industri.

Bersama ilmuwan lain bernama August Kundt ia menulis kertas kerja yang berisi tentang pengukuran rotasi elektromagnetik dalam gas. Selain itu juga melakukan penelitian tentang efek Kerr dan menyelidiki tentang Kristal. Hasilnya adalah bahwa efek magnetik timbul dari sebuah dielektrik seperti pada lempeng kaca yang digerakkan antara dua lempeng kondensator bermuatan listrik.

Beberapa karya ilmiah yang dihasilkan berhasil diterbitkan Rontgen antara lain tentang pengaruh tegangan atas koefisien refraksi pada berbagai cairan, daya kompresi dan tegangan permukaan sejumlah jenis cairan tertentu.

Itu tadi sedikit artikel tentang Biografi Wilhelm Conrad Rontgen (1845-1923) sang Penemu Sinar Rontgen. Semoga dapat bermanfaat. Sekian dan sampai jumpa pada artikel tentang biografi tokoh fisika selanjutnya. Terima kasih atas kunjuangannya dan jangan lupa untuk di share.


Sumber : Subini, Nini. 2013. Kisah Menarik Einstein dan Kawan-Kawan. Yogyakarta : Penerbit Javalitera.

No comments

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan