Home Top Ad

Responsive Ads Here

Biografi Joseph Black (1728-1799) Penemu Asas Black

Share:

Tokoh Fisika Joseph Black (1728-1799) Joseph Black merupakan tokoh fisika yang terkenal karena menemukan teori Asas Black. Selain itu Black juga terkenal karena kalor dan kapasitas kalor. Berikut ini mimin sajikan Biodata, Profil, serta Biografi Joseph Black.

Biografi Joseph Black (1728-1799) Penemu Asas Black

Biodata Joseph Black

Nama : Joseph Black
Lahir : 16 April 1728 Bordeaux, Prancis
Wafat : 6 Desember 1799 Edinburgh, Britania raya (Umur = 71 tahun)
Orang Tua : John Black (Ayah), Margaret Black (Ibu)
Dikenal atas : Asas Black, Kalor dan Kapasitas Kalor

Biografi Joseph Black

Sama dengan Benjamin Franklin, Black berasal dari sebuah keluarga biasa yang lumayan besar. Jumlah saudara sebanyak 13 orang. Namun nasib Black lebih beruntung karena meskipun jumlah saudaranya banyak namun masih sempat menikmati bangku kuliah.

Dalam melakukan penelitiannya, Black lebih sering menggunakan timbangan sehingga disebut sebagai “perintis di bidang ilmu kimiakuantitatif”. Sejak kuliah, Black sudah tertarik dengan yang namanya batu ginjal. Ia mencoba mencari tahu caranya menghancurkan batu ginjal yaitu dengan menggunakan calcined snail dan apa yang menyebabkan terbentunya batu ginjal. Ternyata berdasarkan hasil penyeledikannya di dapat bahwa bahan kimia yang membentuk batu ginjal adalah kalsium karbonat atau magnesia alba.

Pada saat Black memanaskan magnesia alba, Black justru tertarik pada ciri kalor (panas) berbagai zat. Karena itulah Black mempelajari kemampuan berbagai zat dalam. Karena itulah Black mempelajari kemampuan berbagai zat dalam menyerap atau melepaskan kalor (panas). Kemampuan untuk menyerap (menerima) atau melepaskan kalor itu dinamakan kapasitas kalor. Penelitian lebih lanjut yang dilakukan Black menghasilkan kesimpulan bahwa “suatu zat memiliki kalor jenis yang berbeda.

Dalam hal ini yang dimaksuk kalor jenis adalah kalor yang diperlukan suatu zat untuk manaikkan suhu dari satu kg suatu zat sebanyak 1 kelvin atau 10C. Dengan kata lain kalor jenis suatu zat menunjukkan kemampuan suatu zat itu dalam menyerap kalor.

Perumusan kalor

Dalam perumusan kalor ada dua jenis yaitu Kalor jenis (c) atau Kapasitas Kalor (C)

Kalor jenis

Q = m . c . ∆t atau c = Q / m . ∆t

Kapasitas kalor

Q = C . ∆t atau C = Q / ∆t

Keterangan

Q = kalor (Joule)
m = massa zat (kg)
C = kapasitas kalor (Joule/K)
c = kalor jenis (J/Kg K)
∆t = perubahan suhu (K)
∆t = t2 – t1
t2 = suhu akhir (K)
t1 = suhu awal (K)

Selain menemukan kapasitas kalor dan kalor jenis, Black juga merupakan orang pertama yang membedakan kuantitas kalor dengan intentitas kalor atau temperatur. Kalau intensitas kalor merupakan jumlah kalor yang terdapat dalam suatu zat, sedangkan temperature sama dengan ukuran derajat panas dinginnya suatu benda (zat).

Penelitian lain yang masih berhubungan dengan kalor adalah proses peleburan dan penguapan. Menurut Black, terdapat kalor laten pada saat suatu zat melebur atau menguap. Kalor laten adalah kalor yang diperlukan suatu zat sebanyak 1 kg untuk melakukan perubahan wujudnya pada suhu tetap. Dinamakan kalor laten oleh Joseph Black karena kalor tidak dapat dilihat kedatangannya tersembunyi atau laten.

Kalor laten sendiri terdapat dua jenis yaitu kalor laten lebur sering disebut kalor lebur saja dan kalor laten didih (kalor didih). Kalor lebur jika mengubah wujud dari padat ke cair pada suhu 00C sedangkan kalor didih untuk mengubah zat cair menjadi uap pada suhu 1000C

Perumusan kalor laten

Q = m . L atau L = Q / m

Keterangan :

Q = kalor (Joule)
m = massa zat (kg)
L = kalor laten (Joule/kg)

Eksperimen lain yang tak kalah menark dari Black adalah perumusannya tentang Asas Black. Saat itu Black mencoba mencampurkan dua zat yang beratnya sama namun memiliki perbedaan panas. Ternyata kedua benda memiliki temperature akhir yang sama atau sering disebut dengan temperature keseimbangan.

Secara garis besarnya Asas Black dirumuskan sebaga berikut “jumlah kalor yang dilepas suatu zat sama dengan jumlah kalor yang diterima zat lain”.

Perumusan Asas Black

Qlepas = Qserap
m1 . c1 . ∆t = m2 . c2 . ∆t

Keterangan:

m1 = massa zat yang pertama (kg)
m2 = massa zat kedua (kg)
c1 = kalor jenis benda pertama (J/kg.K)
c2 = kalor jenis benda kedua (J/Kg.K)
∆t = perubahan suhu (K)

Itu tadi sedikit artikel tentang Biografi Joseph Black (1728-1799) Penemu Asas Black. Semoga dapat bermanfaat. Sekian dan sampai jumpa pada artikel tentang biografi tokoh fisika selanjutnya. Terima kasih atas kunjuangannya dan jangan lupa untuk di share.



Sumber : Subini, Nini. 2013. Kisah Menarik Einstein dan Kawan-Kawan. Yogyakarta : Penerbit Javalitera.

No comments

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan